Beranda | Artikel
Makar Yang Buruk Kembali Kepada Pembuatnya
Selasa, 22 November 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Makar Yang Buruk Kembali Kepada Pembuatnya adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Furqan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 26 Rabi’ul Akhir 1444 H / 21 November 2022 M.

Makar Yang Buruk Kembali Kepada Pembuatnya

Pada kesempatan ini kita akan membahas pelajaran-pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah Ashabul Jannah. Di antaranya:

Pertama, makar atau tipu daya yang buruk tidak akan kembali kecuali kepada orang yang membuat makar itu. Ini sebuah kaidah yang pasti. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

…وَلَا يَحِيقُ الْمَكْرُ السَّيِّئُ إِلَّا بِأَهْلِهِ…

“Makar yang buruk itu tidak akan kembali melainkan kepada orang yang membuat makar tersebut.” (QS. Fathir[35]: 43)

Ini diambil dari kisah Ashabul Jannah, ketika mereka bersepakat membuat makar di malam hari. Mereka ingin panen di pagi-pagi hari yang mana orang-orang miskin tidak mendapatkan sedekahnya. Hal ini dikarenakan kebakhilan mereka sehingga mengharamkan orang miskin untuk mendapatkan haknya. Dan justru makar itu kembali kepada mereka.

Di surah An-Naml, Allah berfirman:

وَمَكَرُوا مَكْرًا وَمَكَرْنَا مَكْرًا وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ ‎﴿٥٠﴾‏ فَانظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ مَكْرِهِمْ أَنَّا دَمَّرْنَاهُمْ وَقَوْمَهُمْ أَجْمَعِينَ ‎﴿٥١﴾

“Mereka membuat makar (tipu daya) dan Kami juga membuat makar membalas makar mereka, sedang mereka tidak mengetahuinya. Maka lihatlah bagaimana akhir dari makar mereka itu, bahwasanya Kami membinasakan mereka dan kaum mereka semuanya.” (QS. An-Naml[27]: 50-51)

Makar mereka membuat mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Kita bisa lihat surah Al-Qalam di ayat yang ke-17, mereka bersumpah: “Kami akan panen dipagi-pagi hari.” Kemudian di ayat yang ke-19, Allah berfirman:

فَطَافَ عَلَيْهَا طَائِفٌ مِّن رَّبِّكَ وَهُمْ نَائِمُونَ ‎﴿١٩﴾‏ فَأَصْبَحَتْ كَالصَّرِيمِ ‎﴿٢٠﴾

“Lalu kebun itu ditimpa bencana yang datang dari Rabbmu ketika mereka sedang tidur, maka jadilah kebun itu hitam seperti malam yang gelap gulita.” (QS. Al-Qalam[68]: 19-20)

Di sini makarnya kembali kepada mereka.

Banyak contoh makar yang buruk itu selalu tidak akan kembali kecuali kepada orang yang membuat makar itu.

Apa saja contoh-contoh yang disebutkan dalam Al-Qur’an? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52423-makar-yang-buruk-kembali-kepada-pembuatnya/